Kepala Sekolah sebagai pemimpin pendidikan, di lihat dari
status dan cara pengangkatan tergolong pemimpin resmi, formal leader, atau
status leader.
Status leader bisa meningkat menjadi functional leader.
Tergantung dari prestasi dan kemampuan didalam memainkan
peranannya sebagai pemimpin pendidikan sebagai sekolah yang telah diserahkan
pertanggungjawaban kepadanya.
Istilah kepemimpinan pendidikan mengandung dua pengertian
dimana kata “pendidikan” menerangkan dalam lapangan apa dan dimana kepemimpinan
itu berlangsung, dan sekaligus menjadi sifat dan ciri-ciri bagaimana yang harus
dimilki pemimpin itu.
Menurut Hadari Nawawi: kepemimpinan adalah kemampuan
menggerakkan, memberikan motivasi dan
mempengaruhi orang-orang agar bersedia melakukan tindakan-tindakan yang terarah
pada pencapaian tujuan.
Kepala sekolah sebagai orang yang terpandang dilingkunag
masyarakat sekolah. Ia sebagi pusat teladan bagi warga sekolah dan warga
masyarakat di sekitar sekolah, karena itu ia kepala sekolah wajib melaksanakan
petunjuk tentang usaha peningkatan ketahanan sekolah. Pada umumnya kepala
sekolah memiliki tanggungjawab sebagi pemimpin dibidang pengajaran dan
pengembangan kurikulum, administrasi personalia, administrasi personalia staf,
hubungan masyarakat, “school Plant” dan perlengkapan organisasi di sekolah
Kepala sekolah dapat menerima tanggungjawab tersebut namun ia belum tentu
mengerti dengan jelas bagaimana ia dapat menyumbang kearah perbaikan program
pengajaran.
0 komentar:
Posting Komentar