Jumat, 28 Februari 2014

Melakukan Perbaikan Periferal(3)



 1)  . Pemeriksaan Periferal
Pemeriksaan dimaksudkan untuk mengetahui apakah perbaikan sudah berhasil atau belum. Pemeriksaan dilakukan mulai dari pengecekan kabel, pengetesan cetak untuk printer, dan pengecekan pada Device Manager pada komputer. Pengecekan pada device manager dilakukan dengan klik kanan My Computer >> Properties >> Hardware >> Device Manager.

Gambar 23. Tampilan Device Manager


Pada kotak dialog tersebut di atas terdapat semua hardware yang terpasang pada komputer. Apabila hardware tersebut sudah terinstal dan terpasang dengan benar, maka tidak akan muncul tanda “!” pada hardware tersebut. Apabila ada kegagalan dalam pemasangan atau penginstalan, akan terdapat tanda “!” pada hardware tersebut.

2)   Penyusunan laporan
Setiap terjadi kerusakan atau maintenance pada sebuah periferal perlu dilakukan pencatatan atau pembuatan laporan. Laporan dapat berupa log sheet atau sejenisnya, dengan log sheet yang dibuat setiap melakukan perbaikan terhadap periferal akan mempermudah pengecekan kondisi komputer dan periferalnya.
Dalam logsheet yang perlu dilaporkan meliputi:
·     Tanggal : waktu kapan dilakukan perbaikan suatu periferal
·     Nama periferal : nama atau jenis periferal yang dimaintenance
·     Gejala kerusakan : gejala dari periferal yang mengalami kerusakan
·     Tindakan korektif : tindakan yang dilakukan untuk melakukan perbaikan terhadap periferal.
·     Keterangan : dapat berupa hasil dari perbaikan periferal.
Tabel : Laporan (Log-sheet)
No
Tanggal
Nama periferal
Gejala kerusakan
Tindakan korektif
keterangan


















Pemeriksaan dimaksudkan untuk mengetahui apakah perbaikan sudah berhasil atau belum. Pemeriksaan dilakukan mulai dari pengecekan kabel, pengetesan cetak untuk printer, dan pengecekan  pada Device Manager pada komputer.

0 komentar:

Posting Komentar