1)
.
Pemeriksaan Periferal
Pemeriksaan dimaksudkan untuk mengetahui apakah perbaikan
sudah berhasil atau belum. Pemeriksaan dilakukan mulai dari pengecekan kabel,
pengetesan cetak untuk printer, dan pengecekan pada Device Manager pada komputer. Pengecekan pada device manager dilakukan dengan klik kanan My Computer >> Properties >> Hardware >> Device
Manager.
Gambar 23. Tampilan Device Manager
Pada kotak dialog tersebut di atas terdapat semua hardware yang terpasang pada komputer.
Apabila hardware tersebut sudah terinstal dan terpasang dengan benar, maka
tidak akan muncul tanda “!” pada hardware
tersebut. Apabila ada kegagalan dalam pemasangan atau penginstalan, akan
terdapat tanda “!” pada hardware tersebut.
2)
Penyusunan laporan
Setiap terjadi kerusakan atau maintenance
pada sebuah periferal perlu dilakukan pencatatan atau pembuatan laporan.
Laporan dapat berupa log sheet atau sejenisnya, dengan log sheet yang dibuat
setiap melakukan perbaikan terhadap periferal akan mempermudah pengecekan
kondisi komputer dan periferalnya.
Dalam logsheet yang perlu dilaporkan meliputi:
· Tanggal : waktu kapan dilakukan perbaikan suatu periferal
· Nama periferal : nama atau jenis periferal yang
dimaintenance
· Gejala kerusakan : gejala dari
periferal yang mengalami kerusakan
· Tindakan korektif : tindakan yang
dilakukan untuk melakukan perbaikan terhadap periferal.
· Keterangan : dapat berupa hasil dari perbaikan
periferal.
Tabel : Laporan
(Log-sheet)
No
|
Tanggal
|
Nama periferal
|
Gejala kerusakan
|
Tindakan korektif
|
keterangan
|
Pemeriksaan
dimaksudkan untuk mengetahui apakah perbaikan sudah berhasil atau belum. Pemeriksaan
dilakukan mulai dari pengecekan kabel, pengetesan cetak untuk printer, dan
pengecekan pada Device Manager
pada komputer.
0 komentar:
Posting Komentar